Tips Sahur Sehat Buat Ibu Menyusui Yang Berpuasa

Dalam agama Islam, ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk berpuasa agar tidak memperburuk kondisi bayi. Lalu bagaimana jika ibu yang menyusui tetap ingin berpuasa? Boleh saja, namun harus terlebih dahulu mempertimbangkan kondisi bayi, yakni jika bayi telah memasuki usia 6 bulan dan dalam keadaan sehat. Karena diusia tersebut ketergantungan bayi terhadap ASI sudah tidak terlalu tinggi. Sebab, makanan pendamping ASI bisa memberikan asupan nutrisi tambahan yang dibutuhkan bayi.

Satu hal yang terpenting lainnya adalah, pastikan anda telah berkonsultasi dengan dokter, karena bagaimanapun dokter mengetahui riwayat kesehatan anda dan bayi sehingga sebelum memutuskan untuk berpuasa, anda telah berkonsultasi untuk mendapat saran terbaik.

Perlu diketahui, ketersedian ASI selama berpuasa tidak akan mengalami kekurangan karena anda hanya mengganti jadwal makan bukan berarti tidak makan. Inilah sebabnya anda harus memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi saat berbuka dan sahur, agat nutrisi untuk ASI yang berkualitas tidak berkurang.

Nah kali ini kita akan membahan tips sahur sehat untuk para ibu menyusui yang ingin berpuasa. Sahur adalah waktu untuk anda memilih jenis makanan yang baik dan memicu kelancaran ASI sepanjang harinya. Berikut tips sahur sehat untuk ibu menyusui. Check this out..

Konsumsilah Kalori Ganda

Jika sebelumnya ibu hanya mengkonsumsi sedikit jenis karbohidrat, nah pada saat sahur cobalah untuk menambahkan jenis nutrisi. Ibu dapat memilih sumber kalori dari karbohidrat kompleks karena memiliki manfaat untuk dicerna lebih lama, rasa lapar berkurang. Tambahan porsi sahur dimaksud bukan berarti ibu mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus, tetapi ibu dapat mengatur jadwal makan sahur dengan jeda sebelum imsak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *